Dosen Tetap

UPAYA PENGEMBANGAN

Pada Prodi yang memiliki rasio D : M yang ideal, perekrutan Dosen baru dilaksanakan dengan jumlah setara dengan dosen pensiun. Dengan demikian dapat diupayakan beban kerja Dosen dapat bertahan pada rentang ideal.

Perekrutan tidak hanya sebagai upaya mengganti Dosen yang akan segera ataupun telah memasuki masa pensiun atau berhalangan lain, sehingga tidak dapat menjalankan tugas akademik, melainkan sekaligus ssebagai upaya pengembangan dan peningkatan mutu dosen Fakultas Pertanian Universitas Bosowa secara keseluruhan.  Oleh karena itu, perekrutan Dosen baru di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Bosowa mempersyaratkan tingkat pendidika minimal Strata 2/Magister dalam bidang yang relevan.  Dengan demikian perekrutan Dosen baru dengan ambang mutu S2 menjadi modal dasar upaya pengembangan selanjutnya untuk segera mencapai jenjang S3.

PENINGKATAN MUTU DOSEN

Upaya peningkatan mutu sumberdaya Dosen dilaksanakan dengan program tugas belajar diutamakan ke Universitas terkemuka di luar negeri, dengan tetap memberi peluang ke Universitas ternama di dalam negeri.  Keadaan pada saat ini menunjukkan sebagian besar Dosen telah bertugas kembali di Fakultas Pertanian Universitas Bosowa karena telah berhasil lulus dari tugas belajar Program S3.

Sebagian besar Dosen mendapatkan beasiswa dari pemerintah seperti BPPS dan beasiswa lainnya dari Pemerintah Indonesia melalu Kementrian Ristek Dikti.

DOSEN FAKULTAS PERTANIAN  

Laporan Data Dosen

KUALIFIKASI DOKTOR (S3)

13 Dosen (38,2%)

TOTAL DOSEN TETAP

26 DOSEN

KUALIFIKASI MAGISTER (S2)

21 Dosen (61,8%)

KECUKUPAN

Tenaga Kependidikan di Fakultas Pertanian berjumlah 26 orang, terdiri atas  tenaga administrasi, Pustakawan,  Laboran/ Teknisi, dan Bagian Umum. Pengelolaan terhadap tenaga kependidikan dilakukan secara terpusat agar optimal, efisien dan efektif. Semua tenaga kependidikan memiliki keahlian sesuai dengan bidang keahliannya, dan mampu bekerja sama serta memiliki motivasi yang tinggi untuk maju dan berkembang. Dalam upaya meningkatkan kualitas kinerja tenaga kependidikan, fakultas dan program studi memfasilitasi mereka untuk mengikuti kegiatan ilmiah seperti seminar atau pelatihan sesuai dengan bidang kerja masing-masing. Untuk meningkatkan kenyamanan mahasiswa dalam berinteraksi dengan staf administrasi, pihak Yayasan Aksa Mahmud melaksanakan Training Service Satisfaction. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada mahasiswa dan untuk menyegarkan kerja, meliputi sikap dan tingkah laku yang tepat ketika berhadapan dengan mahasiswa dan Dosen.

KUALIFIKASI

Diantara 26 tenaga kependidikan Fakultas Pertanian serdapat Staf, terdapat 3 orang yang memiliki pendidikan terakhir S2 dan berdasarkan jumlah dan kualifikasi tenaga kependidikan, rasio tenaga kependidikan sudah baik/sangat baik.

UPAYA PENGEMBANGAN

Pengembangan tenaga administrasi kependidikan Fakultas Pertanian dilaksanakan melalui perekrutan secara berkala mengikuti proses yang diselenggarakan di tingkat Universitas.

KENDALA YANG DIHADAPI

Kendala penggembangan tenaga kependidikan di lingkungan Fakultas Pertanian adalah tidak banyaknya kegiatan pelatihan/ kursus dan pendidikan penjenjangan yang ada.

Tenaga Kependidikan