• Pengelolaan Program S tudi Teknologi Pangan didasarkan pada suatu Program Kerja yang yang telah dibuat melalui suatu rapat kerja dewan dosen pada setiap awal suatu periode kepemimpinan di Program studi Teknologi Pangan hal mana disusun dengan berpatokan kepada misi Prodi untuk mencapai visinya.
  • Tugas-tugas fungsional dilaksanakan oleh Manajemen Prodi dengan berpatokan kepada peraturan-peraturan dan kebijakan Fakultas dan Universitas. Tugas dan tanggung jawab masing-masing unsur ditetapkan berdasarkan buku acuan tugas yang telah ditetapkan oleh Fakultas dan Universitas. Sebelum kegiatan semester dimulai, maka diadakan rapat penetapan tugas institusional (perkuliahan, penelitian dan pengabdian masyarakat), sementara pada pertengahan semester diadakan evaluasi pelaksanaan tugas dan pada akhir semester rapat evaluasi akhir semester.
  • Pengelolaan laboratorium dilaksanakan (oleh Kepala laboratorium dan Teknisi Lab ) berdasarkan kesepakatan bersama Jurusan / Program Studi yang memuat sistem tata kelola baik kepada mahasiswa maupun pelayanan¬† pengabdian kepada masyarakat.
  • Pengelolaan Perpustakaan dilakukan oleh ¬†seorang tenaga administrasi. Pengelola perpustakaan masih perlu peningkatan karena Prodi Teknologi Pangan kekurangan tenaga profesional khusus perpustakaan.