Standar Mutu

Berdasarkan visi Prodi Teknologi Pangan Menjadi Lembaga  pendidikan dan pengembangan Ilmu Teknologi Pangan yang handal dan unggul dalam rangka menghasilkan alumni yang berwawasan global dan berjiwa enterpreneur.

  • Untuk hal ini Universitas 45  telah menerbitkan SK REKTOR tentang “ Manual Gugus Kendali Mutu” yang menjadi acuan dan petunjuk Program Studi Sarjana Teknologi Pangan dalam mewujudkan akuntabilitas publik dan sebagai pedoman pelaksanaan penjaminan mutu.
  • Penjaminan mutu pada prinsipnya adalah kepatuhan mengikuti peraturan dan kesepakatan yang telah dibuat dan disepakati. Ditingkat Program Studi S1 Teknologi Pangan pada setiap semester diterbitkan Surat Penugasan (SK) Tim Evaluasi Penjaminan.
  • Mutu/evaluasi kemajuan akademik mahasiswa dilakukan oleh tim yang terdiri dari : Ketua Jurusan dan Tim Monitoring proses pembelajaran.
  • Ketua Program Studi Teknologi Pangan bertanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan di Prodi berdasarkan kurikulum yang berlaku  2013 – 2017, menyusun Spesifikasi Program Studi dan kompetensi kurikulum, prosedur, instruksi kerja yang sesuai Standar Akademik, Evaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED) dan SISMIK.
  • Program Studi S1 Teknologi Pangan setiap semester membuat laporan / rekaman kinerja dan evaluasi serta rencana perbaikan untuk peningkatan kualitas berkelanjutan.

Tanggung jawab dan wewenang dalam Sistem Penjaminan Mutu Akademik :

Keberlanjutan Prodi PGSD

TingkatDokumen yang dihasilkanSatuan KerjaPenanggung Jawab PSPMAPenanggung Jawab SAMAI
Jurusan/Prodi·       Spesifikasi ProdiJurusan/ProdiKetua Jurusan/ProdiKelompok Auditor Mutu Akademik Internal (AMAI) yang dikoordinasi oleh Pusat Kajian (P3AI)
·       Manual Prosedur Kerja
·       Instruksi Kerja
·       EPSBED
·       Dokumen Akreditasi
Dosen ·       Rancangan PembelajaranTim Monitoring dan Evaluasi proses pembelajaranKetua Jurusan/Prodi
·       Laporan dan Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran

Mengadakan kunjungan ke sekolah-sekolah lanjutan atas dan penyebaran leaf let  untuk mengadakan sosialisasi. Selain itu dengan menugaskan Himpunan Mahasiswa Teknologi Pertanian  dan memberdayakan IKA TP 45 dalam melakukan sosialisasi  kepada calon mahasiswa

Setelah Peralihan manajemen dari yayasan Andi Sose Keyayasan Aksa Mahmud. Komitemen Yayasan Aksa Mahmud untuk peningkatan sarana dan prasarana sangat tinggi terbukti  pihak yayasan menghimbau untuk membuat proposal pembangunan laboratorium sesuai standar.

Peningkatan materi kurikulum sesuai tuntutan masyarakat stekeholder dan meningkatkan kerjasama khususnya dengan instansi  terkait,  industri, organisasi profesi dan secara aktif  melakukan kegiatan ilmiah untuk menambah wawasan lulusan.

Memperkuat jaringan kerjasama MOU dan implementasinya  baik kuantitas maupun kualitas, serta  menumbuhkan  suasana akademik  yang kondusif untuk meningkatkan citra PS.

  • Program studi aktif dalam meng up-date informasi penelitian melalui lembaga penelitian Universitas “45”, demikian sebaliknay pihak lembaga penelitian Universitas aktif memberikan informasi kepada program studi.
  • Koordinasi dengan Lembaga Penelitian Universitas 45 dalam peningkatan dan pelaksanaan workshop penelitian.