sistem pengelolaan program studi Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Bosowa melakukan Kegiatan yang mengupayakan dan menyepakati visi, misi, dan tujuan yang  diinginkan dalam keterkaitan dengan kemungkinan yang ingin dicapai berdasarkan kondisi sekarang yaitu:

1. Planning

Proses kegiatan tersebut berupa:

  1. Penetapan kalender akademik dan jadwal perkuliahan;
  2. Pengembangan GBPP dan SAP serta modul;
  3. Mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan sarana dan prasarana penunjang pendidikan, kartu rencana studi (KRS);
  4. Menyusun pedoman dan program pembimbingan akademik;
  5. Menentukan standar pencapaian program pendidikan.
  6. Penyusunan RKAT sebagai penjabaran dari RIP.

 

2. Organizing

Proses kegiatan tersebut berupa:

  1. Penetapan kualifikasi Dosen pengampu mata kuliah dan tim Dosen yang diketuai oleh seorang Dosen pengampu matakuliah;
  2. Dosen pengampu matakuliah menetapkan tugas dan tanggungjawab dalam pemberian matakuliah, mengevaluasi kegiatan belajar mengajar dan mengkoordinasikan kepada anggota tim Dosen;
  3. Dosen pengampu dan tim menetapkan metode kegiatan  belajar mengajar tatap muka dikelas, diskusi, seminar, praktium, tugas dan ujian evaluas; dan
  4. Kegiatan belajar mengajar unutk metode ceramah didahului dengan pmberian orientasi materi dilengkapi dengan pemberian dskripsi mata jaran, kontrak pokok bahasan perkuliahan dan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab.

 

3. Staffing

Proses kegiatan tersebut berupa:

  1. Sistem, strategi, pelaksanaan rekrutmen, pembinaan, dan pemberhentian ketenagaan baik tenaga edukatif maupun tenaga administrasi;
  2. Dalam penyelengaraan perkuliahan disediakan monitoring kehadiran mahasiswa dan Dosen untuk setiap matakuliah;
  3. Pengaturan jurnal pokok bahasan disesuaikan dengan jadwal perkuliahan untuk setiap tim Dosen matakuliah dan jurnal untuk semua Dosen persemester; dan
  4. Penetapan pengaturan keberhasilan standar pencapaian kegitan belajar mengajar bagi setiap tim Dosen.

 

4. Leading

Proses kegiatan tersebut berupa:

  1. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar untuk setiap matakuliah dalam satu semester dilaksanakan sebanyak 16 kali tatap muka termasuk pelaksanaan evaluasi tengah semester dan akhir semester;
  2. Menganjurkan untuk setiap Dosen menggunakan sumber pustaka yang up to-date dan muktahir dalam kegiatan belajar mengajar;
  3. Kegiatan belajar mengajar setap akhir pekan dilaksanakan evaluasi mingguan tentang relevansi pokok bahasan dan GBPP; dan
  4. Semua tenaga akademik dan tenaga administrasi harus check lock pada saat masuk dan keluar waktu kerja.

 

5. Controlling

Proses kegiatan tersebut berupa:

  1. Silabus, RPP dan soal ujian dibuat bersama oleh Tim Dosen dalam satu kelompok bidang keahlian dan untuk soal ujian sebelum diujikan dilakukan validasi terlebih dahulu oleh Tim tersebut;
  2. Setiap akhir kuliah mahasiswa diberi angket untuk menilai Dosen dalam melakukan kegiatan PBM;
  3. Setiap akhir semester dilaksanakan evaluasi Indeks prestasi mata kuliah di masing-masing Dosen;
  4. Memperketat mahasiswa yang presensinya kurang dari 80% tidak diperbolehkan mengikuti ujian;
  5. Mahasiswa menyusun skripsi dengan bimbingan Dosen yang sesuai dengan bidang keahliannya dan diuji oleh Dosen yang sesuai dengan bidang keahliannya baik dari dalam maupun luar universitas;
  6. Memperbaharui bahan dan perencanaan pembelajaran (modul, RPP, silabus);
  7. Menyediakan media pembelajaran yang memadai (internet, LCD, White board dan sebagainya); dan
  8. Peningkatan fasilitas pendukung kegiatan PBM (Laboratorium, dan koleksi perpustakaan).