OTONOMI KEILMUAN

Untuk membangun suasana akademik yang kondusif dilakukan dengan memfasilitasi free internet acess sehingga mahasiswa dapat dengan mudah mengunduh informasi  mutakhir yang dibutuhkan. Untuk mendukung pengembangan IPTEK disediakan laboratorium–laboratorium yang mempunyai otonomi keilmuan sebagai sarana dan prasarana yang ada di Program Studi Peternakan. Suasana akademik bukan hanya dalam forum kelas tapi juga di luar kelas. Metode pembelajaran yang menerapkan Student Center Learning akan mendorong mahasiswa untuk berfikir kritis, mandiri dan profesional dalam mensikapi suatu permasalahan yang terkait dengan materi perkuliahan. Metode ini memungkinkan terjadinya interaksi yang lebih hidup antara dosen dan mahasiswa dan antar mahasiswa, sehingga tercipta atmosfer pembelajaran yang menyenangkan, terarah, dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Usaha-usaha lain yang dilakukan untuk membangun sasana akademik berotonom antara lain dilakukan dengan:

  1. Proses pembelajaran yang dilakukan secara dua arah (two way communication) atau terjadi feed back untuk mewujudkan komunikasi yang efektif antara dosen dan mahasiswa, sehingga terjadi partisipasi aktif dari mahasiswa. Dari proses tersebut secara tidak langsung dosen dapat memperoleh umpan balik mengenai kelebihan dan kelemahan/kekurangan dari proses perkuliahan yang diberikannya.
  2. Adanya transparansi sistem penilaian untuk tugas-tugas dan ujian-ujian. Hasil penilaian tersebut langsung diumumkan di papan pengumuman. Tugas dan soal-soal ujian diberikan kembali kepada mahasiswa setelah diperiksa atau paling tidak, soal-soal dan tugas-tugas tersebut dibahas di dalam kelas. Dengan cara demikian mahasiswa memperoleh kepuasan berkaitan dengan kinerja dosen dalam melaksanakan tugasnya sebagai pengajar.
  3. Sebagai bahan persiapan khususnya bagi mahasiswa sebelum perkuliahan dimulai pada setiap awal semester, dosen memberikan rambu-rambu tentang materi yang akan dibahas pada semester yang akan berlangsung. Materi-materi pokok dari setiap matakuliah tersebut dirangkum dalam Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Cara demikian itu memberikan gambaran umum tentang materi yang akan dibahas dan dimaksudkan untuk mempersiapkan mahasiswa sebelum perkuliahan dimulai.

KEBEBASAN AKADEMIK

Kebebasan akademik dilakukan melalui diskusi intensif antara mahasiswa dengan dosen di Program Studi Peternakan dalam berbagai kesempatan, diantaranya sebagai berikut.

  1. Kebebasan akademik dilakukan secara bertanggungjawab melalui pelaksanaan berbagai kegiatan, antara lain: seminar penulisan karya ilmiah/skripsi, diskusi, dll. Yang dilaksanakan dosen dan mahasiswa secara bersama-sama. Kegiatan tersebut dapat memberikan masukan/tambahan pengetahuan khususnya bagi mahasiswa dalam upaya meningkatkan prestasinya.
  2. Khususnya bagi dosen dilakukan pelatihan dan sekaligus penyempurnaan SAP dan silabus untuk semua matakuliah sebelum semester yang akan berlangsung dimulai. Hal ini dilakukan berdasarkan umpan balik, baik dari mahasiswa, dosen sejawat maupun dari pihak luar/stakeholders dalam rangka meningkatkan prestasi mahasiswa dan relevansi kemampuan/keterampilan (calon) lulusan dengan kebutuhan di lapangan.
  3. Pembimbingan akademik termasuk pembimbingan skripsi dilakukan secara optimal sesuai dengan jadwal konsultasi dosen yang telah ditentukan. Setiap dosen Pembimbing Akademik (PA) membuat jadwal konsultasi dengan rata-rata 2 jam/minggu. Cara tersebut mempermudah mahasiswa untuk melakukan konsultasi dengan dosen PA-nya.
  4. Audiensi/dialog terbuka antara mahasiswa dan dosen dilakukan satu kali dalam satu tahun, yakni pada awal tahun ajaran, dengan maksud untuk memperoleh umpan balik dalam rangka meningkatkan kinerja program studi khususnya dalam PBM.
  5. Kegiatan ekstrakurikuler yang menunjang peningkatan prestasi mahasiswa dalam belajar dilakukan secara bersama antara dosen dan mahasiswa, seperti lomba cerdas cermat, kegiatan olahraga dan kegiatan lainnya.

KEBEBASAN MIMBAR AKADEMIK

Kebebsan mimbar akademik dilakukan dengan tindak nyata seperti menyediakan ruang kuliah dan ruang seminar. Untuk membangun kemitraan dosen dan mahasiswa bersama-sama melakukan publikasi ilmiah  Selain itu disediakan prasarana olah raga serta tersedia pula Mesjid untuk pemeluk agama Islam.

Sarana & Prasarana

Event & Kegiatan

Untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif, secara berkala Prodi Manajemen dan mahasiswa melaksanakan kegiatan akademik berupa: seminar, workshop, bedah buku, dialog akademik, temu alumni dan stadium general yang melibatkan seluruh civitas akademika.

SEMINAR (TERJADWAL SETIAP BULAN)

Kegiatan seminar yang dilakukan dikelompokkan menjadi seminar rutin dan seminar berkala. Seminar rutin berupa seminar proposal penelitian dan seminar hasil penelitian mahasiswa yang wajib ditempuh setiap mahasiswa.

Pelaksanaan seminar rutin dijadwalkan oleh Program Studi sebulan sekali.  Dalam seminar proposal penelitian dan seminar hasil, mahasiswa  menyampaikan rencana maupun hasil Penelitian skripsinya dihadapan dosen pembimbing, dosen penguji dan mahasiswa lain.

Seminar dan pertemuan akademik lainnya diselenggarakan secara berkala dan terencana dengan melibatkan mahasiswa, alumni, dosen, pakar dan pengguna lulusan. Seminar akademik ini dapat berupa seminar lokal, nasional maupun internasional. Umumnya, seminar berkala dilakukan 2 kali dalam setiap semester

WORKSHOP DAN PELATIHAN(TERJADWAL SETIAP 2 BULAN)

Kegiatan workshop dan pelatihan diselenggarakan  oleh Program Studi dua sampai 3 kali dalam setiap semester yang diikuti oleh, mahasiswa, alumni, pakar dan praktisi, antara lain : penulisan karya ilmiah, pelatihan Manajemen, pelatihan perpajakandan menyusun studi kelayakan.

Untuk memperluas wawasan mahasiswa  dan juga untuk melihat praktek kerja dilapangan, program studi Manajemen mengagendakan kegiatan kuliah lapangan ke perusahaan-perusahaan besar dan kegiatan magang diberbagai instansi pemerintah dan swasta. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman  dari kegiatan di lapangan dan mahasiswa wajib membuat laporan hasil kegiatan ini.

BEDAH BUKU (TERJADWAL SETIAP 6 BULAN)

Kegiatan bedah buku pada Prodi Manajemen dilaksanakan secara terencana minimal sekali dalam setiap semester atau bila ada buku baru yang telah diterbitkan oleh dosen Fakultas Ekonomi dengan melibatkan, mahasiswa, alumni, dosen dan penulis buku. Hasil dari bedah buku ini diharapkan memberikan manfaat bagi semua pihak yang membutuhkan.

PENELITIAN BERSAMA

Penelitian bersama antara dosen dan mahasiswa bisa dilakukan bila dosen dan mahasiswa tersebut meneliti pada objek penelitian yang sama dan biasanya dilaksanakan dua sampai tiga judul dalam setiap semester.

TEMU ALUMNI

Kegiatan temu alumni ini diselenggarakan secara berkala yang melibatkan mahasiswa, dosen dan alumni yang bertujuan untuk silaturahmi, memperluas jejaring antar mahasiswa dan alumni serta mendapatkan informasi terkini mengenai kebutuhan dan tuntutan pasar kerja. Kegiatan temu alumni ini dijadwalkan minimal sekali dalam setahun.

STUDIUM GENERAL

Kegiatan stadium general pada Prodi Manajemen diselenggarakan oleh Fakultas bersama Prodi Manajemen, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dunia kampus kepada mahasiswa baru, kegiatan stadium general ini diselenggaran setiap awal semester ganjil dengan melibatkan mahasiwa baru, dosen dan pakar dalam ilmu Manajemen.

Interaksi antar Cendekia

INTERAKSI AKADEMIK DOSEN-MAHASISWA

Interaksi dosen-mahasiswa dibangun dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Pada bidang pendidikan, mahasiswa dilibatkan dalam kegiatan proses belajar-mengajar seperti konsultasi tugas-tugas mata kuliah. Pada bidang penelitian, mahasiswa dilibatkan sebagai mitra peneliti dan sekaligus melakukan penelitian untuk tesis. Pada bidang pengabdian, mahasiswa dilibatkan sebagai mitra dalam bantuan-bantuan teknis kemasyarakatan dan sekaligus sebagai proses pembelajaran dalam berinteraksi dengan masyarakat.

INTERAKSI AKADEMIK ANTAR MAHASISWA

Interaksi antar mahasiswa pada Prodi Manajemen terjalin dengan kondusif dalam bentuk kegiatan-kegiatan ilmiah baik didalam maupun diluar kampus dan secara berkala diadakan diskusi mengenai keadaan Manajemen terkini melalui  pembentukan studi club.

INTERAKSI AKADEMIK ANTAR DOSEN

Interaksi antar dosen pada Prodi Manajemen terjalin dalam berbagai kegiatan, baik yang bersifat formal maupun non formal, interaksi antar dosen rutin dilakukan pada saat rapat koordinasi Prodi Manajemen yang dilaksanakan secara berkala (perbulan) dan pada kegiatan penelitian dan pengabdian yang melibatkan tim dosen, serta kegiatan yang dirancang oleh Prodi Manajemen yang bersifat menjalin silaturahmi antar dosen Prodi Manajemen maupun dengan dosen Prodi lainnya dalan lingkup Fakultas Ekonomi.

Pengembangan Perilaku Kecendekiawanan

Program studi Manajemen  telah melakukan berbagai macam kegiatan untuk mengembangkan perilaku kecendekiawanan dosen dan mahasiswa. Kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk penanggulangan kemiskinan, pelestarian lingkungan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, kegiatan penanggulangan masalah ekonomi politik, sosial, budaya dan lingkungan lainnya. Adapun kegiatan untuk mengembangkan perilaku kecendikiawanan melalui beberapa upaya, berupa:

KEPEDULIAN TERHADAP LINGKUNGAN

Kegiatan ini melibatkan seluruh mahasiswa pada Prodi Manajemen dengan melakukan kegiatan yang berorientasi pada kepedulian terhadap lingkungan, antara lain: kegiatan menanam sejuta pohon, bersih lingkungan dan turut aktif pada kegiatan lingkungan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Makassar.

PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Pengembangan kemampuan mahasiswa dalam melihat, menganalisis dan mencari alternatif solusi dari kegiatan nyata memberikan kompetensi lulusan untuk memberikan perhatian lain selain bidang keilmuaannya, yaitu termasuk penangulangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, pelestarian lingkungan, serta kegiatan penanggulangan masalah ekonomi, politik sosial dan budaya. Selain itu, meningkatkan kemampuan untuk menanggapi dan memberikan solusi pada masalah masyarakat dan lingkungan dilakukan dalam bentuk kuliah.

Kuliah itu merupakan studi kasus yang dibahas dalam berbagai sudut pandang, dan mencari alternatif solusi yang lebih baik.

PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Kegiatan peningkatan kesejahteraan masyarakat dilakukan dengan cara melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini melibatkan mahasiswa dan dosen serta masyarakat sekitar. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat dengan berpatisipasi langsung memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat.

PENANGGULANGAN MASALAH EKONOMI, SOSIAL, BUDAYA DAN POLITIK

Kegiatan ini melibatkan mahasiswa dan dosen dalam bentuk :

  1. Pengembangan wawasan padaberbagai kegiatan seminar, workshop,dan pendidikan yang dilaksanakan ditingkat lokal, regional, nasional maupun internasional.Memberikan rekomendasi untuk menjadi tenaga ahli atau pakar pada perusahaan swasta, BUMN maupun Instansi Pemerintah.
  2. Memberikan kesempatan untuk mengaplikasikan hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat kepada masyarakat umum.
  3. Mendukung dosen dan alumni untuk mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal ilmiah nasional dan internasional serta mempublikasikan tulisan ilmiah pada berbagai media (koran, jurnal dan website pascasarjana serta program studi).