Pada Prodi Manajemen telah terbentuk pola kepemimpinan yang memiliki komitmen dan integritas tinggi, yang mampu menumbuhkan konsensus dan pemahaman disetiap unit individu yang terlibat dalam pengelolaan program studi, sehingga semua upaya dan langkah pengembangan didasari oleh visi dan misi Prodi Manajemen, kesadaran terhadap mutu serta mengacu pada harapan/keinginan pemangku kepentingan.

1. Kepemimpinan Operasional

Pencapaian misi dan pelaksanaan visi Prodi Manajemen dalam jangka panjang direncanakan didalam Rencana Strategis (Renstra). Secara bertahap dijabarkan dalam Rencana Operasional (Renop) pertahun sesuai dengan target capaian dalam restra Prodi. Dengan pola seperti itu, maka tampak jelas bahwa seluruh kegiatan operasional pada Prodi Manajemen dilakukan untuk pencapaian visi dan misi.

2. Kepemimpinan Organisasi

Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa dipimpin oleh Ketua Program Studi (KPS) dan dibantu oleh Sekertaris Prodi. Ketua program studi bertanggung jawab terhadap pelaksanaan kegiatan proses belajar mengajar, penelitian serta pengabdian pada masyarakat, dimana kegiatan operasionalnya diatur oleh kepala tata usaha dan staf administrasi program studi.

Ketua program studi  bertanggung jawab kepada Dekan Fakultas Ekonomi melalui Wakil Dekan dalam lingkup Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa.

Ketua Prodi mengatur dan melaksanakan kegiatan akademik berdasarkan pedoman/panduan, serta SOP.Ketua program studi bertanggungjawab atas pengelolaan dan pelaksanaan program studi, bekerjasama dan berkoordinasi dengan unsur pimpinan lainnya mengembangkan kebijakan serta keputusan strategis untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Program studi menyelenggarakan pendidikan akademik berdasarkan kurikulum yang ditujukan agar mahasiswa dapat menguasai pengetahuan dan keterampilan serta membentuk sikap yang sesuai dengan visi, misi,  tujuan dan sasaran yang ditetapkan.

3. Kepemimpinan Publik

Pola dan kinerja kepemimpinan publik pada Prodi Manajemen ditandai dengan banyaknya kerjasama yang telah terjalin antar Fakultas Ekonomi dengan instansi dan institusi di dalam maupun diluar negeri yang Kemudian ditindaklanjuti oleh Prodi Manajemen.

Prodi Manajemen telah menjadi rujukan bagi publik untuk sejumlah hal, misalnya :

  • Sejumlah dosen Prodi Manajemen merupakan tenaga/staf ahli dibeberapa institusi pemerintahan (kementerian, pemerintah daerah dan pemerintah provinsi)
  • Sejumlah dosen Prodi Manajemen merupakan ahli/pakar dalam bidangnya (akuntan public) yang diakui baik di tingkat lokal dan maupun nasional.
  • Sejumlah dosen Prodi Manajemen merupakan ahli/pakar dalam bidang manajemen sebagai instruktur, mentor dan Pembina pada berbagai organisasi publik.