Sistem pengelolaan fungsional dan operasional  program studi mencakup planning, organizing,  staffing,  leading, controlling dalam kegiatan internal maupun eksternal.

1. Planning

tergambar melalui penyusunan rencana strategis (resntra) yang mengacu pada Fakultas  dan Rencana Anggaran Tahunan (RKAT), penetapan standar pelayanan minimum. Pelaksanaan perencanaan ini melibatkan seluruh dosen program studi. Pendekatan yang dilakukan menggunakan kombinasi top down dan battom up

2. Organizing

untuk memberikan gambaran jelas tentang mekanisme dalam melakukan perencanaa, pengembangan, serta pengimplementasian kebijakan-kebijakan dalam lingkup program studi maka diperlukan beberapa standar operasional prosudur (SOP)  yang merupakan suatu pedoman yang disusun dan disepakati bersama serta dapat diterima untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Pada program studi Agribisnis sudah ada beberapa SOP antara lain; tentang instruksi kerja laboratorium dan Pedoman Penulisan Praktek Kerja Lapang dan Skripsi.

3. Staffing

Sistem pengelolaan yang diterapkan pada program studi Agribisnis seluruhnya merupakan tindakan pematuhan terhadap peraturan system pengelolaan berdasarkan aturan sistem pengelolaan pendidikan tinggi RI dan Yayasan Aksa Mahmud.

4. Leading

Tugas Pokok dan Fungsi dari setiap staf diuraikan dalam  buku pedoman kerja yang dibuat oleh tim analisis jabatan yayasan  Aksa Mahmud.Pematuhan terhadap pedoman kerja tersebut membentuk kompetensi manejerial dari semua pihak yang terkait.

5. Controlling

Pelaksanaan RKAT serta pencapaiannya dimonitor dan dievaluasi setiap semester melalui rapat yang dimulai dari program studi, Fakultas hingga ke  tingkat Universitas  yang dihadiri oleh pihak  Yasayan  Aksa Mahmud. Dalam hal Kinerja dosen, setiap semester dilakukan evaluasi Beban Kerja Dosen (BKD) baik secara internal oleh Universitas 45 maupun oleh direktorat ketenagakerjaan kementerian pendidikan dan kebudayaan.